VOXPolitic

Tiga Politisi PDIP Riau Ini Berpeluang Jadi Ketua DPRD Riau

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 16 Maret 2024 23:02 WIB
Kaderismanto, Ma'mun Solikhin dan Robin P Hutagalung berpeluang jadi Ketua DPRD Riau.

PEKANBARU (VOXindonews) - Tiga politisi senior PDI Perjuangan Riau ini punya kans untuk menduduki kursi empuk Ketua DPRD Provinsi Riau periode 2024-2029. Mereka adalah Kaderismanto, Ma'mun Solikhin dan Robin P Hutagalung.

Kaderismanto punya kans paling besar. Sebab, sesuai aturan di PDIP, jabatan di struktural partai yang menentukan. Kini, pria kelahiran Batupanjang, Rupat, 12 Oktober 1978, ini menjabat Sekretaris DPD PDIP Provinsi Riau.

Sebelum menjabat Sekretaris DPD PDIP Riau, lelaki bersahaja ini menjabat Ketua DPC PDIP Bengkalis. Kaderismanto dua periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Bengkalis. Terakhir menjadi Wakil Ketua DPRD Bengkalis sebelum mengundurkan diri karena maju sebagai calon Bupati Bengkalis berpasangan dengan politisi PKB Iyeth Bustami.

Kans lain juga dimiliki Ma'mun Solikhin. Pria rendah hati ini sekarang menjabat Bendahara PDIP Provinsi Riau. Ma'mun sudah dua periode menjadi anggota DPRD Provinsi Riau. Sempat menjadi pimpinan sementara DPRD Riau. Kini, Ma'mun menjabat Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Riau.

Sedangkan Robin P Hutagalung tidak menjabat di DPD PDIP Riau. Mantan pengacara ini sudah tiga periode menjabat Ketua DPC PDIP Kota Pekanbaru. Tiga periode pula menjadi anggota DPRD Provinsi Riau yakni periode 2004-2009, 2009-2014 dan 2019-2024.

Karena tiga periode menjadi anggota DPRD Provinsi Riau, Robin cukup berpengalaman di DPRD Riau. Robin dua kali menjadi Ketua Komisi   V DPRD Provinsi Riau yang membidangi Kesra, termasuk didalamnya pendidikan dan kesehatan.

Namun ketika ditanya kesiapannya menjadi Ketua DPRD Provinsi Riau, Robin selalu merendah. ''Saya ini tak bisa terlalu serius. Biarlah Mas Solikhin. Dia sudah berpengalaman di Badan Anggaran yang perlu serius itu,'' ujarnya menunjuk Ma'mun Solikhin di depannya.

Ma'mun Solikhin belum mau menjawab tentang kesiapannya menjadi Ketua DPRD Provinsi Riau. ''Kita ikuti aturan di partai aja,'' ujar Bendahara DPD PDIP Riau itu. Sementara Kaderismanto belum bisa dihubungi. (FJ)