VOXPekanbaru

DPRD Pekanbaru Usulkan Sekwan Hambali Manurung untuk Pj. Walikota, Pj. Gubernur Riau : Pejabat Tinggi Pratama

Redaktur : Fendri Jaswir
Minggu, 31 Maret 2024 22:32 WIB
Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru Hambali Nanda Manurung diusulkan untuk Pj. Walikota Pekanbaru.

PEKANBARU (VOXindonews) - DPRD Kota Pekanbaru telah mengusulkan satu nama kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk ditetapkan sebagai Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru. Nama yang diusulkan adalah Hambali Nanda Manurung S Sos MSi, Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru.

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Nofrizal kepada VOXindonews, Minggu (31/3/2024), membenarkan hal itu.

''Tetap bang. Sampai saat ini tidak ada rencana pergantian,'' katanya ketika dihubungi Minggu (31/3/2024) malam.

Nama Hambali Manurung termasuk kejutan. Sebab, selain muda, Hambali adalah pejabat tinggi pratama (PTP) tingkat kota Pekanbaru. Selama ini yang diusulkan adalah PTP atau eselon II tingkat Provinsi Riau.

Ketua DPD PAN Kota Pekanbaru itu mengaku belum tahu apakah nama tersebut akan berganti atau tidak setelah Mendagri merubah putusan dengan membolehkan nama yang sudah dua tahun menjabat.

Pj. Walikota Muflihun sudah dua tahun menjabat. Masa jabatannya akan berakhir 23 Mei 2024. Mendagri sudah menyurati DPRD Kota Pekanbaru dan Gubernur Riau untuk mengusulkan maksimal tiga nama paling lambat Senin (1/4/2024) besok.

Awalnya, Mendagri menyebutkan bahwa untuk penjabat yang sudah dua tahun, diusulkan nama yang berbeda. Tapi belakangan Mendagri menyurati lagi dan membolehkan nama yang sama walaupun sudah menjabat dua tahun.

Dengan demikian peluang Muflihun untuk diusulkan lagi terbuka kembali. Setahun lalu, nama Muflihun tidak diusulkan oleh DPRD Kota Pekanbaru dan Gubernur Riau. Tapi diusulkan langsung oleh Kemendagri.

Pj. Gubernur Riau SF. Hariyanto yang ditanya VOXindonews, Minggu (31/3/2024), malam, belum mau menyebutkan. ''Pejabat Tinggi Pratama,'' tulisnya. (ZA)