VOXInhu

PSU di Inhu Telan 'Korban' Budi Santoso dari Golkar

Redaktur : Yuhanis Indra
Minggu, 30 Juni 2024 11:38 WIB
Pemungutan Suara Ulang (PSU) TPS 04 Sei Lala, Inhu.

SEI LALAK (VOXindonews) - Pemungutan  Suara Ulang (PSU) di TPS 04 Kecamatan Sungai Lala, Indragiri Hulu (Inhu), Riau, menelan 'korban' Budi Santoso dari Partai Golkar. Budi yang menduduki kursi ke 9 di dapil 5 Inhu untuk sementara tergeser oleh Bayu Nofyandri Surbakti dari PPP.

Keterangan ini disampaikan Mulya Santoni, Ketua Divisi Sosdikliparmas dan SDM, KPU Inhu, usai penghitungan suara,  Sabtu (29/6/2024) di TPS 04 Sungai Lala.

Mulya Santoni menjelaskan DPT di TPS 04 berjumlah 295 kertas suara ditambah 2 persen menjadi 301 kertas suara. Sejumlah 13 pemilih sudah menggunakan suara di TPS 05.

Sehingga jumlah menjadi 282 kertas suara tambah dptb 3 kertas suara , sehingga jumlah 285 kertas suara. Yang hadir dalam pemilihan 262 pemilih. Suara sah 256 dan tidak sah 6 .

Ditambahkan Mulya dari PSU ini Golkar mendapat 36 suara, Nasdem 2 suara, Demokrat 90 suara, PPP 128 suara.

Bukan hanya PPP dan Golkar yang berebut kursi . Secara interen di Demokrat juga terjadi antara calon Donal dan Roni. Dulu Donal kalah 2 suara. Waktu PSU Donal kalah 4 suara. Donal dapat 43 suara dan Roni 47 suara.

Mulya juga sampaikan hasil ini menunggu pleno di tingkat kecamatan dan kabupaten. Kalau tidak ada perubahan maka sementara Bayu Nofyandri Surbakti menduduki kursi ke 9 di dapil 5 Inhu.

Informasi yang didapat suara PPP dari 1 menjadi 128 pada PSU ini. PPP menjadi peraih terbanyak pada PSU.

Total perolehan suara PPP di Dapil 5 Inhu ikut bertambah dari sebelumnya 2.933 menjadi 3.060 suara.

PSU ini merupakan hasil dari gugatan yang ditayangkan oleh PPP ke MK. Gugatan berdasarkan temuan di lapangan. Dimana sejumlah warga tidak bisa melakukan pencoblosan karena surat suara yang kurang.

Gugatan ini dikabulkan MK dan memutuskan digelar PSU di TPS 04, Desa Perkebunan Sungai Lalak, Kecamatan Sungai Lalak, Inhu (YHN)

PSU Inhu Sei Lala Budi Santoso Partai Golkar PPP VOXindonews Lazada Jual Beli Online Shopee