VOXRohul

Isu Kecurangan Pemilu di Kunto Darussalam Merebak, Sentra GAKKUMDU : Situasi Masih Kondusif

Redaktur : Fendri Jaswir
Sabtu, 24 Februari 2024 13:47 WIB
Kasat Reskrim Polres Rokan Hulu AKP Dr. Raja Kosmos Parmulais, SH, MH

KUNTO DARUSSALAM (VOXindonews) - Isu dugaan kecurangan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Tahun 2024 yang sempat beredar di Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rohul menjadi perhatian publik.

Isu sensitif yang sempat mencuat ke permukaan ini didasari pada indikasi temuan saksi salah satu partai terkait permainan petugas KPPS di beberapa TPS di Kelurahan Kota Lama.

Menanggapi isu tersebut, Kapolres Rohul, AKBP Budi Setiyono melalui Kasat Reskrim, AKP Dr. Raja Kosmos Parmulais, SH, MH, selaku sentra Gakkamdu (Penegakan Hukum Terpadu) Pemilu 2024 di Kabupaten Rohul turut angkat bicara.

Kepada VOXindonews, Jumat (22/2/2024), Kasat Reskrim mengatakan  kondisi pasca pencoblosan sampai pleno tingkat PPK Kunto Darussalam berlangsung, situasi terpantau aman dan kondusif.

"Sampai sekarang kita di Gakkumdu belum ada menerima laporan atau pengaduan terkait hal tersebut", ucap AKP Raja.

Artinya secara eksplisit, sentra Gakkamdu dalam hal ini belum menerima laporan dari partai politik manapun terkait proses perhitungan suara, mulai dari TPS sampai penyelesaian pleno perhitungan tingkat PPK Kunto Darussalam.

Ditanya mengenai gangguan keamanan selama masa pra, saat, dan pasca berlangsungnya proses Pemilu 2024 di Kecamatan Kunto Darussalam, AKP Raja menegaskan situasi nya dapat dikendalikan.

"Tidak ada gangguan keamanan, komplain, pengaduan atau laporan sedikitpun tentang penyelenggaraan pungut dan hitung suara", tegas AKP Raja lagi.

Sedangkan isu sensitivitas perihal dugaan kecurangan yang sempat beredar, AKP Raja dengan lugas mengatakan tak ingin berpolemik ke ranah tersebut dan berpegang pada dasar fakta di lapangan.

"Sampai sekarang kita tidak ada menerima laporan terkait hal dimaksud," ditegaskan AKP Raja.

Artinya secara tegas sentra Gakkamdu dalam hal ini melihat secara umum kondisi yang terjadi di Kecamatan Kunto Darussalam masih terjaga kondusifitasnya, walaupun ada perbedaan dan silang pendapat masih dalam batas kewajaran.(BAL)