VOXNasional

IASMA 1 Bukittinggi Gelar 'Reuni Gadang' 13-15 September di Bukittinggi

Redaktur : Fendri Jaswir
Rabu, 15 Mei 2024 10:34 WIB
Silaturahmi lintas angkatan tahun 2022 dari Angkatan 85.

JAKARTA (VOXindonews) - Ikatan Alumni SMA  (IASMA) 1 Bukittinggi akan kembali mengadakan kegiatan Reuni Gadang di Kota Bukittinggi. Rencananya, akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 September 2024.

Reuni Gadang ini juga sekaligus untuk memperingati Ulang Tahun SMA 1 yang ke-65 tahun. Selain Reuni Lintas Angkatan, kegiatan Reuni Gadang ini akan diisi oleh sejumlah acara seperti tabligh akbar, donor darah, pasar murah hingga Fun Walk.

Rangkaian  Reuni Gadang 2024 IASMA 1 Bukittinggi akan dimulai Jumat (13/9/2024) terdiri dari Registrasi dan Sesi Foto,  dan Pertandingan Final Domino antar angkatan. Dilanjutkan Sabtu (14/9/2024) meliputi Jalan santai,  Donor Darah,  Pasar Murah dan Tabligh Akbar.

Acara Puncak dilaksanakan  Minggu (15/9/2024). Pada hari ini akan dilakukan peresmian Sekretariat Alumni, Peringatan Ulang Tahun SMA 1 Bukittinggi serta Panggung Hiburan yang diisi oleh penampilan alumni, serta penampilan khusus  Darak Badarak dan artis minang.

''Tak lupa juga ada permainan kim yang memberikan keseruan tersendiri bagi lintas generasi,'' kata Humas Panitia Reuni Gadang 2024 Edward dalam siaran pers, Rabu (15/5/2024).

Kepanitiaan dan tim kerja Reuni Gadang 2024 ini dipercayakan kepada angkatan 1997 dan 1998. Menurut Ketua Pelaksana Reuni Gadang 2024 Rendra Alia, tujuan utama dari Reuni Gadang adalah menjalin tali silaturrahmi lintas angkatan, kegiatan sosial dan melepas kangen dengan almamater.

“Kami berharap  Reuni Gadang  ini bisa merekatkan silaturahmi antar alumni dan bisa pula menjadi pemicu sinergi lintas angkatan supayo kedepannyo bisa bergerak lebih maju dan saling beriringan bersama-sama,” ujar Rendra.

Ketua IASMA 1 Landbouw Bukitinggi Indra Meidi menjelaskan cabang-cabang  IASMA 1 Bukittinggi  sudah terbentuk di beberapa daerah antara lain Sumbar, Riau, Bandung, Depok, Surabaya  dan Medan.

“IASMA 1 Landbouw  Bukittinggi punya banyak program yang telah berjalan bertahun-tahun, diantaranya Bakti Sosial  seperti sunatan massal, operasi katarak gratis, operasi bibir sumbing, penyaluran Qurban ke pelosok Sumbar dan Quick Respon bencana,” ungkap Indra.

Lebih lanjut, Indra mengungkapkan komunikasi antar alumni SMA 1 Bukittinggi selama ini, sangat baik walaupun jarak angkatannya terpaut jauh.

“Kontribusi utama  IASMA ke almamater melalui bidang 3  dengan berupaya meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan dan kelulusan siswa untuk dapat lebih banyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri ternama serta mendukung setiap kegiatan sekolah yang bertujuan untuk lebih mengembalikan serta meningkatkan kejayaan almamater,” terang Indra.

Sementara itu, salah seorang Tokoh Alumni SMA 1 Bukittinggi Novil Anoverta mengatakan seluruh almamater SMAN 1 Bukittinggi menyambut baik acara Reuni Gadang 2024. Reuni Gadang sekaligus ajang silaturrahmi antar angkatan.

“Reuni Gadang ini juga terdapat nilai-nilai positif. Semua alumni bisa menjadi sahabat dan keluarga besar. Kita juga mengharapkan partisipasi dari IASMA muda. Karena anak-anak muda iu perlu dimatangkan. Mereka harus diarahkan untuk peduli almamater dan keluarga besar SMAN 1 Bukittinggi. Mereka juga  dapat berkolaborasi antar lintas generasi termasuk angkatan yang jauh diatasnya,” ungkap Novil yang juga Ketua Bidang 2 IASMA 1 Bukittinggi bidang keakraban alumni dan IASMA muda.

Novil menambahkan, panitia Reuni Gadang 2024 dapat membuat kegiatan yang mengutamakan silaturrahminya dan tidak terlalu bereuforia. Acara-acaranya harus ada rasa persaudaraan.

“Sejak dulu,  rasa kekeluargaan dan persaudaraan alumni SMAN 1 Bukittinggi sangat kuat. Bahkan, rasa kekeluargaan dan persaudaraan alumni SMA 1 ini diakui di Bukitinggi. Kedepan, mari kembangkan potensi IASMA muda. IASMA 1 harus punya kaderisasi. Tanamkan rasa kepedulian kepada alumni muda tersebut termasuk kesadaran bersaudara dan peduli almamater,” paparnya.

Novil juga merasa kagum dengan keakraban di IASMA 1 Bukittinggi. Orang-orang hebat mempunyai rasa peduli yang tinggi terhadap adik-adik dan saudaranya. Apalagi, alumni SMAN 1 Bukittinggi banyak orang-orang hebat.

“Jadi, mari tingkatkan rasa peduli kita semua,” tukas Novil. (FJ)

IASMA1 Bukittinggi Reuni Gadang Rank Boekick 85 VOXindonews